Kamis, 30 Mei 2019

Latihan Dasar Kepemimpinan Bagi Para Pelajar. Pentingkah?




“Paling tidak kamu bisa memimpin dirimu sendiri” Nasihat itu saya dengar dari seorang ibu kepada anaknya yang akan kos untuk melanjutkan pendidikan menengah atas ke kota. “memimpin diri sendiri” merupakan ketrampilan diri sekaligus kualitas karakter. Sekolah sebagai Lembaga pengembangan diri memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan kepemimpinan (leadership) dalam diri siswa. Karena itu tidak sedikit sekolah merancang program leadersip untuk para siswa. Apakah makna kepemimpinan yang dirancang sekolah sama dengan yang dimaksudkan oleh seorang ibu yang menasihati anaknya di atas? Spontan dapat dikatakan leadership yang dirancang sekolah salah satu tujuannya agar para siswa paling tidak mempunyai ketrampilan memimpin diri sendiri.
Bagaimana merancang kegiatan pelatihan bagi para siswa?
Jawaban pertanyaan ini menjadi konten program pelatihan yang saya adakan bagi para siswa. Dalam setiap pelatihan kepemimpinan yang saya lakukan ada dua fokus pengembangan diri. Fokus pertama yaitu mengembangkan kesadaran diri sebagai pribadi yang berkualitas. Fokus kedua pada pengembangan kemampuan berelasi dengan orang lain.

 Gambar: Kerja Sama Tim

Pengembangan kemampuan dan ketrampilan yang menjadi fokus pertama dijabarkan dalam kegiatan antara lain: mengeksplorasi diri sendiri. Melalui kegiatan in dan out door peserta melakukan eksplorasi diri. Tujuannya siswa semakin menyadari bahwa ia pribadi yang sangat berharga, memiliki keunikan (kemampuan dan kekurangan). Sedangkan pengembangan kegiatan pada fokus kedua siswa diajak membangun ketrampilan berelasi dengan orang lain. Antara lain dalam hal ini adalah kerja sama dalam sebuah tim, mengkomunikasikan gagasan yang benar, pemecahan masalah, dan pemberian diri kepada orang lain. Setelah siswa memiliki kemampuan memimpin diri sendiri (fokus pertama) peserta dilatih mengembangkan kemampuan memimpin orang lain (fokus kedua). Syarat bisa memimpin orang lain dengan efektif yaitu kemampuan memimpin diri sendiri. Semua pemimpin yang sukses memimpin orang lain adalah pribadi yang sukses memimpin diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adakah Hukuman itu Membuat Siswa Menjadi Lebih Baik?

Pertanyaan ini bisa menimbulkan pro dan kontra terhadap adanya hukuman bagi siswa yang melanggar peraturan. Saya menjadi guru hampir 20 tahu...